TUGAS
MANAJEMEN
PEMASARAN
OLEH
: RENI ERFINA
PRODI
: MANAJEMEN SUMBER DAYA
PASCA
SARJANA BUNG HATTA
TAHUN
2015
TUGAS
1. Mengapa
Pemasaran Penting?
2. Apa
ruang lingkup pemasaran?
3. Apa
saja konsep – konsep dalam pemasaran?
4. Bagaimana
manajemen pemasaran berubag?
5. Apa
tugas yang di perlukan untuk manajemen pemasaran yang berhasil?
JAWABAN
1. Pemasaran
Penting karena :
Kesuksesan jinasial tergantung pada
pemasaran
Pemasaran itu adalah suatu fungsi
organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan , mengkominikasi dan
memberikan nilai kepada pelanggan dengan cara yang menguntungkan oraganisasi
dan pemangku kepentingan nya.
Dan sesuai dengan tujuannya pemasaran
adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk/jasa bisa sesuai
dengan kebutuhan idealnya pemasaran harus menghasilkan seorang pelanggan yang
siap untuk membeli .
2. Ruang
lingkup pemasaran adalah
a. Pemahaman
tentang pemasaran
Pemasaran
adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan mengkomunikasikan
dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan
dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
b. Bagaimana
cara kerja pemasaran
Sistem
pemasaran yang sederhana
![]() |
|||
![]() |
![]() |
|
|


Uang

c. Apa
yang di lakukan di pasar ?
Ada 10 tipe entitas yang di pasarkan
yaitu :
Barang Tempat
Jasa Properti
Acara Organisasi
Pengalaman Informasi
Orang Ide
d. Siapa
yang melakukan pemasaran
Pemasaran dan prospek (marketer) adalah
: seorang yang mencari respon perhatian , pembelian dukungan , sumbangan dari
pihak lain yang di sebut prospek (prospect). Marketer yang bertanggung jawab
atas manajemen permintaan.
3.
Konsep Konsep Pemasaran
Kebutuhan
keinginan dan permintaan
·
Kebutuhan adalah syarat hidup dasar
manusia kebutuhan berbeda menurut
individu dan geografis
·
Permintaan :
Permintaan adalah keinginan akan produk
produk tertentu yang di dukung oleh kemampuan mambayar pemasar mengukur berapa
banyak orang yang menginginkannya dan yang mampu membeli produk tersebut.
Pemasar menciptakan kebutuhan karena
pemasar membuat pelanggan membutuhkan nya
Pemasar harus memahami kebutuhan keinginan permintaan
pemasar harus menyelidiki lima tipe kebutuhan
1. Kebutuhan
yang dinyatakan
2. Kebutuhan
yang sebenarnya
3. Kebutuhan
tidak dinyatakan
4. Kebutuhan
ketenangan
5. Kebutuhan
kebutuhan rahasia
Pemasar
juga harus memahami
·
Pasar sasaran :
Pasar sasaran adalah komunitas orang
yang meminta dan mengingkan suatu produk
·
Positioning
·
Segmentasi
4.
Bagaimana Manajemen Pemasaran Barubah ?
Perubahan
manajemen pemasaran
Management
Pemasaran Berubah melalui hadir kekuatan kemasyrakatan yaitu :
1. Teknologi
Informasi jaringan
Revolusi digital telah menciptakan era
informasi industry didirkan oleh produksi missal dan konsumen missal
2. Globalisasi
Kemajuan teknologi dalam transpotasi
pengiriman barang dan komunikasi telah di permudah perusahaan dalam memasarkan
produknya ke negara lain dan juga mempermudah konsumen untuk membeli produk dan
jasa dari pemasar di Negara lain.
3. Privtisasi
Mengubag perusahaan umum menjadi
perusahaan swasta untuk meningkatkan efisiensi
4. Konvergensi
Industri
Bata batas individu mengabur dengan sangat cepat kerena
perusahaan perusahaan menyadari adanya peluang di antara dua industry atau
lebih
5. Resisrensi
Konsumen
Pendapat negative konsumen tentang
pemasaran pada umumnya consume menghindari produk yang mereka anggap berlebihan
dalam pemasaran
6. Transformasi
enceran
Persaingan di tingkat pengencer
7. Disinternmediasi
8. Deregulasi
Melonggarjab perundang – undangan untuk
menciptakan persaingan dan peluang pertumbuhan industri agar menjadi lebih
besar.
Contoh: pembatasan jasa finasial
telekomunikasi dan listrik dan lain lain
5.
Tugas yang di perlukan untuk manajemen
pemasaran berhasil
Bedasarkan
latarbekang pemasaran halistik dapa di identifikasi serangkaian tugas yang
menentukan keberhasilan manajemen pemasaran dan kepemimpina pemasaran tugas tugas tersebut adalah :
1. Mengembangkan
strategi dan rencana pemasaran
Yaitu : mengidentifikasi potensi peluang
jangka panjang sesuai dengan pengalaman pasar dan kopetensi intinya.
2. Menangkap
pemahaman melalui (gagasan) pemasaran
Yaitu : memantau lingkungan pemasaran
secara erat melalui system infiormasi pemasaran yang terpercaya
Memelurkan sistem riget pemasaran yang
dapat di andalkan untuk:
·
Mengubah strategi pemasaran menjadi
program pemasaran
·
Manegen pemasaran harus mngukur potensi
pasar
·
Meramalkan permintaan
·
Membuat keputusan dasar tentang
pengeluaran pemasaran
·
Aktifitas pemasaran
·
Alokasi pemasaran dengan menggunakan
fungsi respon penjualan yang menunjukkan bagaimana uang yang di habis kan dalam
setiap aplikasi
3. Berhubungan
dengan pelangggan
Dengan mempertimbangkan cara terbaik
untuk menciptakan nilai untuk pasar sasaran yang di pilih dan mengembangkan
hubungan jangka panjang yang kuat dan menguntungkan dengan memahami pasar
konsumen :
·
Siapa yang membeli?
·
Mengapa membeli?
·
Apa yang mereka cari?
·
Dimana mereka beli?
Produk juga di jual pada pasar bisnis koperasi
besar, perusahaan professional , dan pengenceran juga instasi pemerintah
Produk tidak di pasarkan kesemua
pelanggan potensial tetapi membaginya kesegmen segmen dan membidik segmen yang
lebih memungkinkan
4. Membuat
merek yang kuat
Memahami kekuatan dna kelemahan merek
dari sudut padang pelanggan
5. Membentuk
penawaran pasar
Inti dari program pemasaran adalah produk penawaran perusahaan yang
berwujud yang mencakup kwalitas produk desain fitur dan kemasan sebagai bagian
dari penawaran dapat di berikan dan di perlatihan.
Keputusan dari pemasaran yang juga
sangat penting adalah : harga yaitu menetapkan harga grosirn enceran, discon,
potongan harga, dan ketentuan kredit
Harga harus sesuai denga tawaran
konsumen, kalau tidak konsumen akan pindah ke pesaing.
6. Menghantarkan
Nilai
Yaitu :
·
Menentukan bagaimana menghantarjab
kepada pasar sasaran nilai yang terkandung dalam produk dan layanannya dan
menyediakan aktifitas penyalur agar produk tersedia lebih mudah
·
Memasak produk dan layananya secara
ofisien ke pasar sasaran
·
Mamahami berbagai tipe pengencer,
pedagang, grosir, dan perusahaan distribusi barang.
7. Mengkomunikasikan
Nilai
Melakukan komunikasi yang tepat sasaran
tentang nilai yang tergantung dalam produk dan layanan melalui program
komunikasi pemasaran terintergrasi yang memaksimal kontribusi individual dan kolektif dari semua aktifitas komunikasi.
Program – program komunikasi missal
terdiri atas iklan promosi penjualan , acara, dan hubungan masyarakat
mengadakan komunikasi personal dalam bentuk pemasaran langsung dan interaktif
juga merkrut melatih secara memotivasi wiraniaga.
8. Menciptakan
pertumbuhan jangka panjang
Sebagai bagian dari visi jangka penjang
melakukan pengembangan, pengujian dan peluncuran produk baru berdasarkan
positioning produk dengan mempertingkan peluang, tantangan global yang terus
berubah.
No comments:
Post a Comment