Sunday, April 19, 2015

TUGAS MANAJEMEN PEMASARAN





TUGAS
MANAJEMEN PEMASARAN






OLEH : RENI ERFINA













PRODI : MANAJEMEN SUMBER DAYA
PASCA SARJANA BUNG HATTA
TAHUN 2015





TUGAS
1.      Mengapa Pemasaran Penting?
2.      Apa ruang lingkup pemasaran?
3.      Apa saja konsep – konsep dalam pemasaran?
4.      Bagaimana manajemen pemasaran berubag?
5.      Apa tugas yang di perlukan untuk manajemen pemasaran yang berhasil?
JAWABAN
1.      Pemasaran Penting karena :
Kesuksesan jinasial tergantung pada pemasaran
Pemasaran itu adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan , mengkominikasi dan memberikan nilai kepada pelanggan dengan cara yang menguntungkan oraganisasi dan pemangku kepentingan nya.
Dan sesuai dengan tujuannya pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk/jasa bisa sesuai dengan kebutuhan idealnya pemasaran harus menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli .
2.      Ruang lingkup pemasaran adalah
a.       Pemahaman tentang pemasaran
Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan mengkomunikasikan dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya.
b.      Bagaimana cara kerja pemasaran
Sistem pemasaran yang sederhana








 
Industri
Sekumpulan
penjual
 
Industri
Sekumpulan
penjual
 
                                          Komunikasi
                                                            Barang /jasa
                                                            Uang
                                                            Informasi
c.       Apa yang di lakukan di pasar ?
Ada 10 tipe entitas yang di pasarkan yaitu :
Barang          Tempat
Jasa               Properti
Acara            Organisasi
Pengalaman   Informasi
Orang            Ide

d.      Siapa yang melakukan pemasaran
Pemasaran dan prospek (marketer) adalah : seorang yang mencari respon perhatian , pembelian dukungan , sumbangan dari pihak lain yang di sebut prospek (prospect). Marketer yang bertanggung jawab atas manajemen permintaan.

3.      Konsep Konsep Pemasaran
Kebutuhan keinginan dan permintaan
·         Kebutuhan adalah syarat hidup dasar manusia  kebutuhan berbeda menurut individu dan geografis
·         Permintaan :
Permintaan adalah keinginan akan produk produk tertentu yang di dukung oleh kemampuan mambayar pemasar mengukur berapa banyak orang yang menginginkannya dan yang mampu membeli produk tersebut.
Pemasar menciptakan kebutuhan karena pemasar membuat pelanggan membutuhkan nya
Pemasar harus  memahami kebutuhan keinginan permintaan pemasar harus menyelidiki lima tipe kebutuhan
1.      Kebutuhan yang dinyatakan
2.      Kebutuhan yang sebenarnya
3.      Kebutuhan tidak dinyatakan
4.      Kebutuhan ketenangan
5.      Kebutuhan kebutuhan rahasia
Pemasar juga harus memahami
·         Pasar sasaran :
Pasar sasaran adalah komunitas orang yang meminta dan mengingkan suatu produk
·         Positioning



·         Segmentasi


4.      Bagaimana Manajemen Pemasaran Barubah ?
Perubahan manajemen pemasaran
Management Pemasaran Berubah melalui hadir kekuatan kemasyrakatan yaitu :
1.      Teknologi Informasi jaringan
Revolusi digital telah menciptakan era informasi industry didirkan oleh produksi missal dan konsumen missal
2.      Globalisasi
Kemajuan teknologi dalam transpotasi pengiriman barang dan komunikasi telah di permudah perusahaan dalam memasarkan produknya ke negara lain dan juga mempermudah konsumen untuk membeli produk dan jasa dari pemasar di Negara lain.
3.      Privtisasi
Mengubag perusahaan umum menjadi perusahaan swasta untuk meningkatkan efisiensi
4.      Konvergensi Industri
Bata batas individu  mengabur dengan sangat cepat kerena perusahaan perusahaan menyadari adanya peluang di antara dua industry atau lebih
5.      Resisrensi Konsumen
Pendapat negative konsumen tentang pemasaran pada umumnya consume menghindari produk yang mereka anggap berlebihan dalam pemasaran
6.      Transformasi enceran
Persaingan di tingkat pengencer
7.      Disinternmediasi



8.      Deregulasi
Melonggarjab perundang – undangan untuk menciptakan persaingan dan peluang pertumbuhan industri agar menjadi lebih besar.
Contoh: pembatasan jasa finasial telekomunikasi dan listrik dan lain lain

5.      Tugas yang di perlukan untuk manajemen pemasaran berhasil
Bedasarkan latarbekang pemasaran halistik dapa di identifikasi serangkaian tugas yang menentukan keberhasilan manajemen pemasaran dan kepemimpina  pemasaran tugas tugas tersebut adalah :
1.      Mengembangkan strategi dan rencana pemasaran
Yaitu : mengidentifikasi potensi peluang jangka panjang sesuai dengan pengalaman pasar dan kopetensi intinya.
2.      Menangkap pemahaman melalui (gagasan) pemasaran
Yaitu : memantau lingkungan pemasaran secara erat melalui system infiormasi pemasaran yang terpercaya
Memelurkan sistem riget pemasaran yang dapat di andalkan untuk:
·         Mengubah strategi pemasaran menjadi program pemasaran
·         Manegen pemasaran harus mngukur potensi pasar
·         Meramalkan permintaan
·         Membuat keputusan dasar tentang pengeluaran pemasaran
·         Aktifitas pemasaran
·         Alokasi pemasaran dengan menggunakan fungsi respon penjualan yang menunjukkan bagaimana uang yang di habis kan dalam setiap aplikasi

3.      Berhubungan dengan pelangggan
Dengan mempertimbangkan cara terbaik untuk menciptakan nilai untuk pasar sasaran yang di pilih dan mengembangkan hubungan jangka panjang yang kuat dan menguntungkan dengan memahami pasar konsumen :
·         Siapa yang membeli?
·         Mengapa membeli?
·         Apa yang mereka cari?
·         Dimana mereka beli?
Produk juga di jual pada pasar bisnis koperasi besar, perusahaan professional , dan pengenceran juga instasi pemerintah
Produk tidak di pasarkan kesemua pelanggan potensial tetapi membaginya kesegmen segmen dan membidik segmen yang lebih memungkinkan
4.      Membuat merek yang kuat
Memahami kekuatan dna kelemahan merek dari sudut padang pelanggan
5.      Membentuk penawaran pasar
Inti dari program pemasaran  adalah produk penawaran perusahaan yang berwujud yang mencakup kwalitas produk desain fitur dan kemasan sebagai bagian dari penawaran dapat di berikan dan di perlatihan.
Keputusan dari pemasaran yang juga sangat penting adalah : harga yaitu menetapkan harga grosirn enceran, discon, potongan harga, dan ketentuan kredit
Harga harus sesuai denga tawaran konsumen, kalau tidak konsumen akan pindah ke pesaing.
6.      Menghantarkan Nilai
Yaitu :
·         Menentukan bagaimana menghantarjab kepada pasar sasaran nilai yang terkandung dalam produk dan layanannya dan menyediakan aktifitas penyalur agar produk tersedia lebih mudah
·         Memasak produk dan layananya secara ofisien ke pasar sasaran
·         Mamahami berbagai tipe pengencer, pedagang, grosir, dan perusahaan distribusi barang.
7.      Mengkomunikasikan Nilai
Melakukan komunikasi yang tepat sasaran tentang nilai yang tergantung dalam produk dan layanan melalui program komunikasi pemasaran terintergrasi yang memaksimal kontribusi individual dan  kolektif dari semua aktifitas komunikasi.
Program – program komunikasi missal terdiri atas iklan promosi penjualan , acara, dan hubungan masyarakat mengadakan komunikasi personal dalam bentuk pemasaran langsung dan interaktif juga merkrut melatih secara memotivasi wiraniaga.
8.      Menciptakan pertumbuhan jangka panjang
Sebagai bagian dari visi jangka penjang melakukan pengembangan, pengujian dan peluncuran produk baru berdasarkan positioning produk dengan mempertingkan peluang, tantangan global yang terus berubah.






 

No comments:

Post a Comment